Tugas 2
tugas 2
1. BISNIS
2. Klasifikasi Bisnis
Karakteristik Sistem Bisnis
3. karakteristik bisnis
KARAKTERISTIK SISTEM BISNIS
Karakteristik sistem bisnis terbagi menjadi tiga yaitu kompleksitas dan diversitas, saling bergantung (interdependen), dan perubahan serta inovasi.
· DIVERSITAS DAN KOMPLEKSITAS
Diversitas memiliki arti keragaman, yang berarti bisnis yang muncul dengan berbagai sektor dengan beberapa kelompok industri . Masing-masing industri yang terkumpul didalamnya terdapat perusahaan-perusahaan yang bervariasi dalam bentuk kepemilikan, volume bisnis, struktur modal, dan lingkup aktivitasnya, serta gaya manajemen yang diterapkan .
Kompleksitas yang dihadapi oleh perusahaan – perusahaan yang sudah go public atau go internasional memiliki perbedaan dengan tantangan yang dihadapi oleh produk lokal. Selain menghadapi perbedaan dalam perilaku konsumen , perusahaan global juga menghadapi kendala ekonomis, misalnya penetapan tarif dan kuota untuk ekspor dan impor oleh Negara tujuan.
SALING BERGANTUNGAN (INTERDEPENDEN)
Yaitu masing-masing perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibutuhkan oleh perusahaan lain. Hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain
Ketergantungan juga dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam suatu Negara, dan ingin meningkatkan permintaan produknya tentu akan mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam negeri melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini perusahaan harus bekerja sama dengan asosiasi/lembaga-lembaga perdagangan untuk membantu memasarkan produknya.
· PERUBAHAN DAN INOVASI
Perubahan dan inovasi sangat diperlukan dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang cepat. Namun dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu menawarkan produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan secara tidak langsung ditinggalkan oleh pelangganya. Perubahan dan inovasi dalam bisnis bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, Karena adanya perubahan lingkungan, seperti pendapatan yang tetap, trend atau model yang berubah, serta gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.
http://jendeladelia.blogspot.co.id/2015/02/karakteristik-sistem-bisnis.html?m=1
4 peran bisnis dalam kehidupan masyarakat sekarang
bagi saya bisnis tidak akan pernah jauh dari kehidupan manusia. Dikarenakan setiap orang pasti sedang berperan dalam kehidupan bisnis mereka masing-masing. baik di sadari maupun tidak. Bisnis diciptakan untuk menyediakan produk atau jasa kepada pelanggan. Jika bisnis tersebut dapat melakukan operasinya secara efektif, maka akan memperoleh tingkat pengembalian yang wajar atas investasi saham di perusahaan tersebut.
Selisih antara pendapatan dan beban adalah laba yang dihasilkan oleh bisnis tersebut. memiliki insetif yang kuat untuk memastikan bahwa bisnis tersebut berhasil
Selain itu bisnis juga menciptakan lapangan pekerjaan. dengan begitu, bisnis juga dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat dalam berbagai cara.
Bisnis seperti hotel diciptakan untuk menyediakan jasa bagi pelanggan. Perusahaan jasa lainnya meliputi dokter gigi, peñata rambut, biro perjalanan, perusahaan asuransi, jasa perpajakan, dan perusahaan konsultan hukum.
Mungkin tanpa bisnis kita tidak bisa menjalakan hidup dengan baik, karena bisnis sangat berperan penting bagi kehidupan kita dan berperan erat dalam kehidupan sehari-hari . Seperti makanan, tanpa ada bisnis makanan kita tidak akan tau makanan apa saja yang tersedia dan dengan cara ini anak pemuda atau pemudi lebih muda untuk menyalurkan bakat dan kemampuan ny dalam berbisnis. Saya pernah melihat restaurant khusus makan jepang, korea dan Thailand di suatu mall besar jadi dengan hal ini bagi para turis jadi bisa memakan makanan yang di inginkan.
Jadi pada intinya bisnis sangat berperan penting dalam kehidupan kita karena kita mempunyai keterikatan dengan bisnis itu sendiri.
1. BISNIS
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
2. Klasifikasi Bisnis
1. Manufaktur
adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
Bisnis jasa
Adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
Karakteristik Sistem Bisnis
Kompleksitas keberagaman ketidakpastian dan dinamika perubahan yang selalu terjadi menjadikan dunia bisnis penuh dengan tantangan. Tantangan – tantangan tersebut tentunya menjadikan system bisnis itu menjadi dinamis. Beberapa karakteristik bisnis sebagai berikut.
Kompleksitas dan keanekaragaman
Kompleksitas dan keanekaragaman
Bisnis yang muncul dengan berbagai sector dengan beberapa kelompok industry Masing –masing industry yang terkumpul didalamnya terdapat perusahaan –perusahaan yang bervariasi dalam bentuk kepemilikan, volume bisnis, struktur modal, dan lingkup aktivitasnya, serta gaya manjemen yang diterapkan .Contohnya, pembuat perkakas elektrik, dan produk – produk elektronik .
Kompleksitas yang dihadapi oleh perusahaan – perusahaan yang sudah go public atau go internasional memiliki perbedaan dengan tantangan yang dihadapi oleh produk local. Selain menghadapi perbedaan dalam perilaku konsumen , perusahaan global juga menghadapi kendalaekonomis, misalnya penetapan tariff dan kuota untuk ekspor dan impor oleh Negara tujuan .
· Saling ketergantungan
Masing –masing perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibuthkan oleh perusahaan lain . hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain.
Ketergantungan juga dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam suatu Negara, dan ingin meningkatkan permintaan produknya tentu akan mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam negeri melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini perusahaan harus bekerja sama dengan asosiasi/ lembaga-lembaga perdagangan untuk membantu memasarkan produknya.
· Perubahan dan inovasi
Perubahan dan inovasi sangat diperlukan dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnisyang cepat. Namun dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu menawarkan produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan secara tidak langsung ditinggalkan oleh pelangganya. Perubahan dan inovasi dalam bisnis bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, Karena adanya perubahan lingkungan, seperti pendapatan yang tetap , trend atau model yang berubah, serta gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.
https://febryanaptksr.wordpress.com/2012/09/25/pengertian-dan-klasifikasi-bisnis/
3. karakteristik bisnis
KARAKTERISTIK SISTEM BISNIS
Karakteristik sistem bisnis terbagi menjadi tiga yaitu kompleksitas dan diversitas, saling bergantung (interdependen), dan perubahan serta inovasi.
· DIVERSITAS DAN KOMPLEKSITAS
Diversitas memiliki arti keragaman, yang berarti bisnis yang muncul dengan berbagai sektor dengan beberapa kelompok industri . Masing-masing industri yang terkumpul didalamnya terdapat perusahaan-perusahaan yang bervariasi dalam bentuk kepemilikan, volume bisnis, struktur modal, dan lingkup aktivitasnya, serta gaya manajemen yang diterapkan .
Kompleksitas yang dihadapi oleh perusahaan – perusahaan yang sudah go public atau go internasional memiliki perbedaan dengan tantangan yang dihadapi oleh produk lokal. Selain menghadapi perbedaan dalam perilaku konsumen , perusahaan global juga menghadapi kendala ekonomis, misalnya penetapan tarif dan kuota untuk ekspor dan impor oleh Negara tujuan.
SALING BERGANTUNGAN (INTERDEPENDEN)
Yaitu masing-masing perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibutuhkan oleh perusahaan lain. Hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain
Ketergantungan juga dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam suatu Negara, dan ingin meningkatkan permintaan produknya tentu akan mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam negeri melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini perusahaan harus bekerja sama dengan asosiasi/lembaga-lembaga perdagangan untuk membantu memasarkan produknya.
· PERUBAHAN DAN INOVASI
Perubahan dan inovasi sangat diperlukan dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang cepat. Namun dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu menawarkan produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan secara tidak langsung ditinggalkan oleh pelangganya. Perubahan dan inovasi dalam bisnis bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, Karena adanya perubahan lingkungan, seperti pendapatan yang tetap, trend atau model yang berubah, serta gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.
http://jendeladelia.blogspot.co.id/2015/02/karakteristik-sistem-bisnis.html?m=1
4 peran bisnis dalam kehidupan masyarakat sekarang
bagi saya bisnis tidak akan pernah jauh dari kehidupan manusia. Dikarenakan setiap orang pasti sedang berperan dalam kehidupan bisnis mereka masing-masing. baik di sadari maupun tidak. Bisnis diciptakan untuk menyediakan produk atau jasa kepada pelanggan. Jika bisnis tersebut dapat melakukan operasinya secara efektif, maka akan memperoleh tingkat pengembalian yang wajar atas investasi saham di perusahaan tersebut.
Selisih antara pendapatan dan beban adalah laba yang dihasilkan oleh bisnis tersebut. memiliki insetif yang kuat untuk memastikan bahwa bisnis tersebut berhasil
Selain itu bisnis juga menciptakan lapangan pekerjaan. dengan begitu, bisnis juga dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat dalam berbagai cara.
Bisnis seperti hotel diciptakan untuk menyediakan jasa bagi pelanggan. Perusahaan jasa lainnya meliputi dokter gigi, peñata rambut, biro perjalanan, perusahaan asuransi, jasa perpajakan, dan perusahaan konsultan hukum.
Mungkin tanpa bisnis kita tidak bisa menjalakan hidup dengan baik, karena bisnis sangat berperan penting bagi kehidupan kita dan berperan erat dalam kehidupan sehari-hari . Seperti makanan, tanpa ada bisnis makanan kita tidak akan tau makanan apa saja yang tersedia dan dengan cara ini anak pemuda atau pemudi lebih muda untuk menyalurkan bakat dan kemampuan ny dalam berbisnis. Saya pernah melihat restaurant khusus makan jepang, korea dan Thailand di suatu mall besar jadi dengan hal ini bagi para turis jadi bisa memakan makanan yang di inginkan.
Jadi pada intinya bisnis sangat berperan penting dalam kehidupan kita karena kita mempunyai keterikatan dengan bisnis itu sendiri.
Komentar
Posting Komentar